Sunday 24 March 2013

Posted by Unknown | File under :

Bissmillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum wr.wb.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO),  pada tahun 2005 penyakit tidak menular merupakan penyebab utama 58 juta kematian di dunia, meliputi  penyakit jantung dan pembuluh darah (30%), penyakit pernafasan kronik dan penyakit kronik lainnya (16%), kanker (13%), cedera (9%) dan diabetes melitus (2%). Di wilayah Asia Tenggara penyakit tidak menular merupakan 51% penyebab kematian pada tahun 2003, dan menimbulkan DALYs (Disability Adjusted Life Years = kehilangan bertahun-tahun usia produktif) sebesar 44%.

Hasil Riskesdas tahun 2007, Stroke merupakan penyebab utama kematian pada semua umur, jumlahnya mencapai 15,4%, hipertensi 6,8%, cedera 6,5%, diabetes melitus 5,7%, kanker 5,7%, penyakit saluran nafas bawah kronik (5,1%), penyakit jantung iskemik 5,1%, dan penyakit jantung lainnya 4,6%

Peningkatan angka kematian akibat penyakit tidak menular tiap tahun meningkat tajam, pada tahun 1995 meningkat dari 41,7% menjadi 59,5% pada tahun 2007 terutamna disebabkan oleh stroke.

PERTANYAANNYA :
  1. Apakah dengan sholat bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit mematikan tersebut, sementara kita sudah terbiasa melaksanakan sholat wajib 5 waktu, dan ditambah sholat sunah mungkin juga sholat tahajud tiap malam.
  2. Kenapa sholat yang kita lakukan tidak mempunyai efek kepada diri kita, baik scara mental, spiritual maupun fisik? padahal janji Allah sudah jelas bahwa sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, Sholat itu bisa memberikan ketentangan jiwa, menghapus dosa, dan menyembuhkan segala penyakit. Dengan sholat Allah akan menolong kita dari segala permasalahan hidup, baik kesehatan, sosial, ekonomi, keluarga dll semua permasalahan hidup kita bisa terselesaikan. (buka QS. Al-Baqoroh 45-46, Al-Ambiyaa 80-90, Al-Muzzamil 1-20, dan Hadist shohih
Itu sebagian pertanyaan yang sering dilontarkan pada saat seminar dan pelatihan terapi sholat khusyu dan terapi penyembuhan melalui sholat tahajud, meskipun sebenarnya sudah kami paparkan dengan gamblang pada buku TERAPI PENYEMBUHAN MELALUI SHOLAT TAHAJUD, namun demikian buku tersebut belum cukup untuk dapat melaksanakan sesuai dengan yang diharapkan karena semua memerlukan tuntunan dan bimbingan melalui pendidikan dan pelatihan yang intensif.

INSYA ALLAH AKAN KAMI BAHAS SECARA BERTAHAP,

PEMBAHASAN PERTAMA

HUBUNGAN SHOLAT TAHAJJUD DENGAN KESEHATAN

Penelitian menunjukkan, kalau seseorang bisa Sholat Tahajjud dengan Ihlas, Khusu', Gerakannya tepat, Waktunya Tepat dan dilakukan secara kontinyu, maka akan ada perubahan didalam tubuhnya. (Buku Terapi Penyembuhan Melalui Sholat Tahajud hal 105)

Dalam tubuh kita ada sebuah system IMUN  yang berfungsi melindungi diri dari berbagai berbagai gangguan dalam tubuh misalnya patogen (parasit yang bisa menimbulkan penyakit), jejas (lecet) dan toksin (zat racun). Udara yang kita hirup dan kelihatannya bersihpun  bisa dipastikan banyak virusnya.  System imun bisa berbentuk kimia, cairan, atau sel. misalnya 1. Hormon Kortisol  2. Eosinofil  3. Neutrofil  4. Sel-K  5. Basofil  6. Makrofag  7. Imunoglobulin (IgA, IgM, IgG, IgD dan IgE)   

Dalam bentuk sel misalnya MAKROFAG, diambil dari kata Makro (besar) dan fag (pemakan). Sel ini berfungsi memakan sel lainnya yang tidak normal misalnya sel tumor, kista, kanker. Pengeluaran/sekresi MAKROFAG tergantung kondisi Psikis seseorang.  Jika kondisi jiwanya KACAU, misalnya anak nakal, istri atau suami menyeleweng, pekerjaan kantor menumpuk, kondisi ekonomi jatuh, dan atau problem hidup lainnya biasanya seseorang akan mudah STRESS.  
Dalam keadaan stress sekresi makrofag tidak stabil, jika sekresinya hipo atau kurang, tubuh akan rentan penyakit baik itu yang ringan ataupun yang berat seperti KANKER, Kista, Mioum, Jantung, Stroke, Hepatitis, ginjal, kolesterol. Mengapa? Karena sel-sel yang tidak normal yang ada dalam tubuh tak termakan oleh MAKROFAG.

Dengan demikian apabila kita dapat melaksanakan sholat Tahajjud dengan Ihlas, Khusu', Gerakannya tepat, Waktunya Tepat dan dilakukan secara kontinyu, Insya Allah kita akan terhindar dari penyakit mematikan tersebut diatas  Sebagaimana FIRMAN ALLAH Swt. dalam Surat Al An'aam ayat 162, "Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam".

Dengan menempatkan ALLAH Swt. diatas segala-galanya , maka hormon-hormon yang ada dalam tubuh kita akan bergerak NORMAL dan TENANG.  ARTINYA: Peningkatan Keimanan Punya EFEK Dalam Tubuh Kita.  Seseorang jika Tahajjudnya baik maka Imannya ikut Meningkat. Jika Iman Meningkat, seseorang akan Selalu POSITIVE THINKING (Berprasangka Baik). Jika sudah POSITIVE THINKING (Berprasangka Baik), maka Persepsi HIDUPnya akan lebih baik dibandingkan orang lain.  Bahkan ketika ditimpa musibah, kita akan Selalu Positive Thinking,

Pertanyaan selanjutnya, biasanya bagaimana khusyu bisa digapai dengan mudah? bayak dikalangan kita menganggap bahwa untuk mencapai khusyu adalah sangat sulit,sebenarnya tidak demikian, menurut penelitian yang telah dilakukan ternyata untuk mendaptkan khusyu bukan hal yang begitu sulit,bahkan secara medis khusyu bisa dibuktikan secara medis, Tidak percaya..... selengkapnya bisa dilihat di Bab HAKEKAT DAN CARA MENGGAPAI SHOLAT KHUSYU hal 93, dan bagaimana cara latihannya bisa dilatih dgn bimibingan. Inilah salah satu alasan kenapa sholat khusyu perlu kajian dan pelatihan dengan bimbingan yang intensif.

Insya Allah akan kami sambung materi tersebut diatas. Dalam pembahasan berikutnya akan bahas tentang stroke, apa dan bagaimana  penyebab, dan cara pencegahan dan penyembuhan melalui terapi sholat tahajud dan secara alami, dan akan kami bahas secara medis ilmiahnya. Demikian semoga bermanfaat. Salam Moch. Subechan

2 comments:

  1. Informasi yang sangat penting. Marilah kita sayangi tubuh kita dengan menjaga pola hidup sehat dan sering berolahraga.

    ReplyDelete
  2. haha iya yang terpenting jangan sampai tidak sholat gan :)

    ReplyDelete