Friday 12 July 2013

Posted by Unknown | File under :
  Mumpung lagi suasana Puasa Ramadhan, saya kali ini berbagi pengetahuan saya. Tentang beberapa hal yang membatalkan puasa dan yang tidak. Sebelum kita membahas hal apa saja yang batal puasa, alangkah baiknya kita mengetahui tentang Puasa Ramadhan di Bulan Suci ini.

   Pengertian Puasa Ramadhan serta Hukum Puasa Ramadhan. Beberapa hari lagi, seluruh umat islam disegala penjuru dunia akan kedatangan tamu yang sangat agung dan sangat mulia, yakni Bulan Suci Ramadhan . Dimana dalam bulan ramadhan, umat islam diwajibkan berpuasa selama 30 hari penuh.

Bulan Puasa Ramadhan dipercaya sebagai bulan yang penuh pengampunan dosa serta bulan yang penuh dengan pahala. Sehingga tidak heran, dibulan suci ini, kaum muslimin dan muslimat selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan/atau meningkatkan amal kebaikan sesama manusia.



 Pengertian Puasa Ramadhan menurut istilah
    Menurut syariat agama Islam, puasa ramadhan artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183. 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (١٨٣)
Artinya:
 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, 


       Nah sekarang kita bahas beberapa hal yang membatalkan puasa :
   
    1. Makan, minum, dan merokok dengan disengaja.
    2. Berbuat maksiat
    3. Berbohong
    4. Muntah yang disengaja
    5. Melakukan Onani
    6. Menonton film porno
    7. Menghina dan Mengharkimi orang lain
    8. Perempuan yang sedang aids
         
           Yang tidak membatalkan puasa :

    1.  Muntah yang tidak sengaja
    2.  Mencicip makanan bermaksud untuk menyediakan makanan untuk berbuka
    3.  Minum dikarnakan lupa
    4.  Mimpi basah tidak sengaja pada waktu siang hari
           
   Itu hal yang saya tau tentang pengentahuan beberapa hal yang membatalkan puasa, semoga bermanfaat    bagi yang baca. Dan, jangan lupa kasih +1 dan komen nya ya :)

0 komentar:

Post a Comment